Asik juga ngeblog sambil dukung timnas Indonesia tanding di SEA Games 26th :)

Pengennya nanti tapi berhubung kalau nanti-nanti jadi malas, akhirnya dibuat juga postingan ini. Tujuan postingan ini sebenarnya cuma ingin membuat software yang trial version terasa seperti full version. Kenapa pakai kata-kata terasa? Hehe… :D

Ya, karena postingan ini bukan membuat software trial menjadi full version sepenuhnya. Mungkin saja kamu menemukan software SEO atau software lainnya yang perlu banget dipakai dan dipakai terus menerus tiap harinya tapi tidak menemukan crack, keygen, trial reset dan lain sebagainya yang berbau-bau blackhat, lho…hehe :D

Trik ini ane temuin pas muter-muter kepala buat cari kreativitas biar bisa bikin software trial jadi full version. Lain lagi bagi para mastah yang jago utak-atik registry yang bisa membuat software trial menjadi full version sepenuhnya gak usah baca postingan ini ya :)

Awalnya ane lagi butuh salah satu software buat SEO tapi gak ketemu-ketemu crack, keygen dan trik sejenisnya. Soalnya software ini setiap dibuka selalu minta aktifasi ke server internet yang bikin software ini. Cari trik buat bikin server di komputer sendiri dengan mengabaikan aktivasi keluar yang dialihkan ke aktivasi di komputer sendiri gak ketemu juga artikelnya di internet. Akhirnya malah dapat ide :D

Cukup simple, di sini saya cuma menggunakan bantuan software lagi namanya VirtualBox yang fungsinya sama seperti software VMWare, bedanya VirtualBox gratis di-download. Nah udah kebayang belum?

VirtualBox ini adalah software untuk membuat komputer virtual. Dengan software ini dapat membuat beberapa komputer di dalam 1 komputer. Gak bingung kan? :) Jadi, di dalam komputer ada komputer lagi. Oia, yang mau tahu selengkapnya tentang VirtualBox bisa baca di sini.

Tampilan VirtualBox

Di sini saya tidak memberikan tutorial bagaimana cara menginstal software VirtualBox berikut dengan sistem operasinya karena sudah banyak artikel yang membahas tentang ini dengan meminta bantuan kepada Paman Google tentunya :)

Saya asumsikan software VirtualBox sudah terinstal di komputer kamu dan juga sistem operasinya. Jika sudah, buka software VirtualBox lalu pilih komputer virtual yang sudah dibuat sebelumnya dan klik kanan lalu pilih Clone. Gunanya jika waktu trial softwaremu habis, kamu tidak perlu bikin komputer virtual lagi berikut dengan sistem operasinya karena sudah di-copy. Setelah selesai clone, pilih komputer virtual yang mau diinstal software trial lalu pilih tombol Start pada menu dan akan terbuka jendela baru untuk tampilan komputer virtual.

Colokkan flashdisk lalu salin software trial ke dalam flashdisk. Kemudian pada jendela komputer virtual pilih menu Device -> USB Devices -> Nama usb flashdisk kamu. Maka flashdisk kamu yang tadinya terbaca pada komputer utama akan dialihkan untuk dibaca di komputer virtual. Seperti instal di komputer biasa, di komputer virtual kamu tinggal instal software trial dengan membuka isi flashdisk.

Sampai sini saya anggap sudah selesai instalasi software trialnya. Nah bagaimana kalau masa trialnya sudah habis? Yang perlu kamu lakukan, sebelumnya kamu punya 2 komputer virtual tapi hanya 1 komputer virtual yang diinstal dengan software trial. Jadi, hapus komputer virtual yang sudah diinstal dengan software trial lalu pada komputer virtual yang satunya lagi buat clone 1 kali.

Komputer yang lama dihapus lalu buat clone untuk komputer virtual baru dari komputer virtual yang belum diinstal dengan software trial dan instal lagi software trial pada komputer trial yang belum pernah diinstal dengan software trial.

Semoga bermanfaat :)

Incoming search terms: