Tidak peduli bagaimana kita mencoba untuk mendigitalkan tugas, ada beberapa hal yang masih memerlukan pulpen dan kertas. Dokumen, kwitansi atau tagihan semuanya harus ada secara fisik untuk digunakan sewaktu-waktu. Jika Anda ingin mencetak, mengirim atau menandatangani kertas dokumen tapi tidak ada printer di sekeliling Anda, maka Anda harus mencoba aplikasi Android yang namanya CamScanner. Aplikasi ini terlihat sederhana tapi powerfull untuk men-scan, mengkonversi dan menyimpan dokumen apapun ke perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan aplikasi CamScanner, letakkan kertas atau dokumen pada permukaan yang datar dan ambil fotonya. Aplikasi ini secara otomatis mendeteksi potongan tepi dokumen tersebut tetapi Anda juga dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

scan dengan camscanner

Setelah di-crop, gambar tersebut akan di-scan dan dikonversi menjadi file PDF. Ada modus yang berbeda yang dapat digunakan untuk menentukan hasil tempilan dari dokumen tersebut. Standar pengaturannya diatur pada modus High, tetapi ada pilihan lainnya ketika Anda menekan pada menu drop down.

Dari langkah yang ada pada gambar di bawah ini, Anda dapat share file tersebut ke email, Dropbox, Box dan Google Drive.

pilihan share di camscanner

Selain mengirimkan file elektronik tersebut, Anda juga dapat mencetak dan mengirimkan fax. Perhatikan bahwa fungsi faks mungkin tidak berlaku untuk negara Anda.

print atau fax camscanner

Fitur tambahan lainnya adalah memberikan password pada sebuah file, berguna sekali jika dokumen tersebut bersifat rahasia. Tekan tombol dengan simbol 3 titik vertikal pada sudut kanan atas dan pilih “Set PDF password”.

password file di camscanner

Aplikasi ini menghemat waktu dan usaha kami dalam beberapa sikon. Jadi, jika di lain waktu Anda terjebak dengan masalah yang sama seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat menggunakan aplikasi CamScanner.

Incoming search terms: