Google safe search – Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengunci fitur Google safe search untuk melindungi anak-anak Anda di internet yang mencari konten dewasa dan mendapatkan hasil pencarian yang tak terduga tentang seksual. Jika anak-anak Anda menggunakan komputer dan browser yang sama dengan yang Anda pakai, sangat disarankan agar Anda mengaktifkan dan mengunci safe search dengan pilihan strict, selain menggunakan software kontrol orang tua dan browser web yang disaring.

Anak-anak bisa saja menonaktifkan fitur Safe Search di halaman pencarian Google dengan memilih off, agar anak-anak tidak bisa memilihnya, kita perlu mengunci fitur Safe Search ini.

pengaturan google search

Bagaimana Cara Mengunci Safe Search?

Klik ikon Gear di halaman hasil pencarian Google dan pilih Search settings. Pada SafeSearch Filters, pilih opsi penyaringan yang “strict” yang akan menyaring konten seksual dari halaman web, gambar dan video.

mengunci safe search

Setelah Anda memutuskan ingin mengunci safe search, hal baiknya adalah Google akan mengunci fitur safe search ini di semua domainnya, sehingga anak-anak tidak dapat menggunakan nama domain Google yang berbeda seperti google.com atau google.co.uk untuk mencari konten dewasa. Google akan meminta Anda untuk memasukkan password akun Google ketika ingin mengunci hasil pencarian.

safesearch terkunci

Cukup itu saja. Sekarang semua hasil pencarian Google secara ketat akan disaring dan akan membutuhkan password akun Google Anda untuk membuka fitur safe search. Gambar di bawah ini tentang bola Google yang berwarna akan muncul di kanan atas layar halaman hasil pencarian setelah safe search diaktifkan dan dikunci.

google search diblokir

Meskipun safe search sudah diaktifkan dan dikunci, tidak menutup kemungkinan anak Anda akan menemukan konten yang berbau dewasa. Yang terpenting Anda sudah berusaha untuk mengamankan anak dari internet daripada tidak sama sekali ;)

Incoming search terms: