Adobe Photoshop adalah perangkat lunak pengolah grafis dan memiliki fitur editing yang banyak untuk fotografer digital. Anda bisa menggunakan program ini untuk mengatur eksposur gambar, meningkatkan kontras dan ketajaman, memodifikasi warna dan akhirnya mempersiapkan foto untuk dicetak.

Carannya

  1. Buka gambar di Adobe Photoshop dan pastikan bahwa Anda sudah menyelesaikan semua pengeditan pada foto. Klik menu “File” dan “Print” untuk membuka kotak dialog cetak.
  2. Pilih printer Anda pada kotak drop-down dan pastikan bahwa printer sudah nyala dan terhubung ke komputer. Klik “Print Settings” untuk membuka dialog Properties printer Anda.
  3. Temukan pengaturan kualitas pada tab utama dari kotak dialog Printer Properties. Setiap printer akan berbeda pada tahap ini, tetapi Anda bisa pilih yang “Photo” atau “Best Photo”. Pada Paper Options, pilih jenis kertas yang ingin digunakan, misalnya Premium Photo Paper Gloss. Pilih ukuran kertas dan klik OK untuk kembali ke dialog Print di Photoshop.
  4. Beri ceklis pada “Scale to Fit Media” untuk memperkecil gambar yang besar agar pas pada ukuran kertas, jika diperlukan. Ini bukan ide yang baik untuk memperbesar ukuran gambar menjadi lebih dari 200% karena ini akan menurunkan kualitas cetakan.
  5. Pilih “Printer Manages Colors” di bawah Color Handling dan pilih “Perceptual” di bawah Rendering Intent. Terakhir, klik Print. Gambar akan dicetak dengan ukuran yang dipilih pada kertas foto.

Tips dan Peringatan

  • mencetak di kertas fotoBerikan ceklis pada Match Print Colors dan Show Paper White di Print Dialog untuk memperoleh tampilan seperti apa foto akan dicetak di kertas.
  • Pastikan ukuran file foto cukup besar untuk dicetak. Gunakan “Image Size” dengan minimal 180 pixel/inch untuk melihat seberapa besar cetak bisa dilakukan.
  • Periksa buku panduan printer Anda untuk mengetahui bagaimana memastikan nozzle printer dalam keadaan bersih sebelum foto dicetak.

Referensi

Incoming search terms: