Hp Android memungkinkan kita untuk mengunci hp dengan 2 cara, yaitu password dan pola untuk melindungi privasi kita. Tidak masalah cara mana yang Anda pakai, ini akan menjadi masalah ketika Anda ingin membuka Android tapi tidak ingat password atau polanya.

Jika salah 1x memasukkan password atau pola, lakukan terus sampai Anda melihat tampilan “forgot password” atau “forgot pattern”. Klik mengklik forgot password, akan muncul halaman baru dimana Anda diminta untuk memasukkan akun Google dan passwordnya. Akun ini sebelumnya sudah terdaftar di hp Android Anda saat pertama kali membelinya sehingga informasi hp Android Anda terdaftar di akun Google. Dan juga saat memasukkan akun Google Anda tadi, pastikan hp terkoneksi ke internet. Setelah proses verifikasi berhasil, hp akan meminta Anda untuk mereset pola atau password.

salam memasukkan pola password android

Sebenarnya, hal ini bisa saja tidak berjalan mulus jika Anda lupa akun Google Anda sendiri. Dan Anda harus mereset hp Android tersebut. Dengan meresetnya, Anda akan kehilangan semua pengaturan dan aplikasi kecuali data di dalam kartu memori eksternal.

Berikut langkah-langkah mereset hp Android:

  1. Matikan hp Android Anda.
  2. Setelah hp mati, tekan tombol Volume Up, Power dan Home secara bersamaan untuk masuk ke recovery mode. Untuk langkah ini kemungkinan akan berbeda di beberapa perangkat Android. Contohnya: Nexus 7: Volume Up + Volume Down + Power, Samsung Galaxy S3: Volume Up + Home + Power, Motorola Droid X: Home + Power, Galaxy W: Volume up + Power + Home. Untuk tipe hp lainnya jika tidak berhasil, silahkan googling :)
  3. Terus tekan ketiga tombol tersebut sampai Anda melihat tampilan logo keluar.
  4. Ketika logo hp sudah muncul, lepas hanya tombol Power-nya, tetap tekan tombol Volume Up + Home sampai muncul Android System Recovery. Inilah langkah terpentingnya.
  5. Setelah Anda masuk di dalam Android System Recovery, pilih menu wipe data/factory reset. Untuk memilihnya bisa menekan tombol Volume dan klik tombol Home untuk mengaktifkannya.android system recovery
  6. Setelah memilih factory reset, Anda akan melihat layar konfirmasi. Pilih yang Yes – delete all user data dengan menekan tombol Home.wipe data android
  7. Proses penghapus data Android memakan waktu beberapa detik dan ketika sudah berhasil, Anda akan kembali ke menu Android System Recovery.
  8. Lalu pilih menu reboot system now.
  9. Hp Anda akan reboot ke mode normal. Dan Anda bisa masuk ke hp tanpa perlu memasukkan password atau pattern lagi.

Anda bisa lihat video di bawah ini tapi untuk hp LG. Tapi langkahnya tidak jauh berbeda pada perangkat Android lainnya.

Incoming search terms: