Google sudah mengumumkan bahwa pengguna Gmail dapat memasukkan file dengan ukuran sampai 10 GB di dalam email melalui Google DriveFitur Google Drive tersebut sudah harus aktif di akun Anda. Jika Anda tidak ingin segera mengaktifkannya. Berikut adalah cara untuk melampirkan file lebih dari batas umum Gmail, yaitu lebih dari 25 MB.

Buka jendela “New Compose” lalu masukkan alamat email penerima dan drag file yang ingin dikirim. Jika file tersebut lebih besar dari 25 MB, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa file tersebut melebihi batas attachment. Klik tombol “Send using Google Drive”.

google drive

mengirim email attachment dengan google drive

Sekarang Anda perlu men-drag kembali file yang ingin dikirim dari komputer.

kirim file dengan google drive

Menambahkan beberapa file tidak menjadi masalah. Anda akan melihat daftar file Anda lalu klik tombol Upload.

upload file ke google drive

Tunggu file selesai di-upload, kemudian Anda akan kembali ke jendela “Compose” untuk mengirim email, lalu tombol Send untuk mengirimkan email.

Anda akan mendapatkan sebuah kotak dialog yang meminta Anda hak apa yang ingin diberikan kepada penerima terhadap file yang Anda upload tadi melalui Google Drive.

kirim file dengan hak google drive

Setelah Anda memutuskannya, klik tombol “Share & send” atau Anda dapat klik tombol “Share without sharing”. Jika Anda memberikan hak kepada penerima email, penerima perlu punya sebuah akun Google untuk menggunakan hak-hak tersebut.

Secara teknis ini bukan mengirimkan file besar ke penerima email, tetapi hanya memungkinkan penerima email untuk mengakses Google Drive Anda sehingga mereka dapat men-download file besar tersebut dari sana. Namun, dengan adanya fitur mengirim attachment melalui Google Drive merupakan perbaikan yang berguna bagi layanan Gmail yang memungkinkan Anda mengirim file besar secara gratis tanpa menggunakan layanan terpisah seperti YouSendIt misalnya.

Incoming search terms: