Ketika hadir sebagai sebuah situs platform sosial, pepatah lama mengatakan “sebuah gambar bisa bernilai ribuan kata”. Deskripsi pepatah lama ini sangat tepat untuk situs Pinterest. Di situs ini pengguna bisa memposting dan berbagi gambar atau video favorit mereka dari seluruh web. Biasanya para wanita US menggunakan situs ini untuk merencanakan gambar-gambar item untuk pernikahan, dekorasi rumah, dan sebagainya. Sebagai platform social media, tujuan yang paling nyata adalah untuk promosi baik itu mempromosikan merk pribadi sendiri, produk khusus atau identitas sebuah brand atau organisasi, tetapi platform ini menawarkan hal lain yang leih banyak lagi.

pinterest

Spesifitas

Selain platform sosial lainnya memungkinkan untuk posting gambar, dengan Pinterest Anda punya keuntungan tambahan untuk mengkategorikan gambar Anda ke dalam berbagai Board. Hal ini memberikan kesempatan bagi follower untuk mengasah lebih sempit kepentingan khusus mereka. Jika Anda adalah sebuah organisasi dengan banyak produk dan gaya, Pinterest memberikan cara untuk mempersempit segala sesuatu untuk pelanggan potensial Anda. Contohnya, ambil saja organisasi besar seperti Nike. Nike dengan akunnya Nike Running di Pinterest punyya sejumlah board, seperti board bagian Runs We Love dan Women’s Running Gear.

Kontes

Dengan membuat sebuah situs yang meminta orang untuk berbagi gambar dari topik yang dipilih dan menawarkan insentif untuk postingan, seperti sebuah hadiah atau kupon, Anda punya kemampuan untuk menggambarkan ketertarikan brand atau organisasi Anda. Anda bisa mendorong orang-orang untuk membuat sebuah board berdasarkan gamba favorit mereka dari situs Anda lalu menyiarkannya, siapa yang dapat banyak pin dan repin dialah yang menang. Seperti kontes Ann Taylor di tahun 2012 yang bernama Ann Taylor Hearts Fashion, menawarkan pemenang dengan hadiah $250 gift card. Dengan mendorong orang untuk memposting busana favorit mereka di situs dan board Ann Taylor, kontes tersebut mencapai sejumlah tujuan dari viral marketing seperti menambah jumlah follower, lebih banyak pengguna yang melihat board-nya dan menaikkan pengunjung ke situs perusahaan tersebut.

Riset

Setelah mengadakan kontes dan menambah beberapa follower baru, Anda akan punya tugas lain yang monumental, yaitu riset dan hal ini merupakan sesuatu yang sangat serius bagi setiap manajer social media. Dengan memantau sesuatu yang di-repin di board, Anda punya kemampuan untuk melakukan riset yang lebih dalam seperti kebiasaan, minat dan perilaku audiens Anda serta untuk menyesuaikan arah masa depan dengan melihat yang populer di masa lalu. Dengan Pinterest, Anda punya kemampuan untuk mendapatkan minat pengguna secara visual. Luangkan beberapa menit dan ketikkan Stuff We Love ke dalam pencarian brand di Pinterest dan Anda akan melihat berbagai macam gambar tentang beberapa jenis minat. Dengan melihat secara jelas apa yang orang lain suka bisa memberikan Anda ide tentang apa yang harus dipasarkan kepada mereka.

Organisasi

Pinterest punya tujuan lainnya bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk online dan membutuhkan beberapa tempat meletakkan ide atau rencana mereka yang nantinya akan digunakan. Apakah Anda seorang pendidik, pakar pemasaran ataupun fotografer, kemampuan untuk menambah item yang Anda cintai ke dalam board memungkinkan ide atau rencana tersebut bisa diakses lebih mudah ketika dibutuhkan. Di samping itu, Anda punya fitus sosial yang bekerja di belakang layar, memposting ide di board Anda berarti meskipun Anda idle atau meninggalkan board, orang lain bisa memposting ulang gambar itu dan bahkan berbagi lebih banyak gambar ke Anda dengan topik yang berhubungan.

Kolaborasi Pelajar

Pinterest juga punya potensi bagi pendidik. Pikirkan tentang buku tahunan, jika Anda seorang guru jurnalis, konsultan buku tahunan atau tipe pendidik lainnya, Anda bisa menggunakan Pinterest sebagai sebuah forum untuk kolaborasi dengan siswa. Jika Anda sedang membuat buku tahunan, sebuah grup board Pinterest bisa menjadi tempat untuk membuang ide atau mempertimbangkan gambar tertentu. Jika Anda bertanggung jawab atas koran pelajar, Pinterest bisa menjadi sebagai pengembangan online dari brand koran itu. Untuk pelajar fotografi, Anda bisa membuat sebuah board untuk berbagi foto atau gambar yang menyangkut tema tertentu.

Masalah Copyright

Pinterest adalah salah satu cara bagi Anda untuk menampilkan perusahaan atau brand Anda. Tetapi dengan munculnya kebutuhan untuk memeriksa hak cipta, semua sharing pastikan Anda punya kreditnya. Pinterest menyediakan kode HTML yang memungkinkan manajer website untuk memblokir pin dari konten mereka. Pada tahun 2012, Pinterest adalah tambahan baru untuk kancah media sosial dan dengan demikian para pemilik gambar tidak mengetahu tentang tool blokir di dalamnya. Seperti promosi Amazon, pengguna yang mempromosikan produk Amazon melalui link affiliate-nya akan percuma (sebenarnya ada triknya..hehe) karena link tersebut nantinya akan dirubah menjadi link yang tidak ada tag affiliate id-nya. Sebaiknya berikan kredit pada gambar yang di-pin dari situs asli. Jika Anda tahu kalau hal itu dilindungi hak cipta, jangan di-pin. Jika tidak, hubungi admin situsnya (biasanya bisa ditemukan di halaman Contact) untuk menanyakan izin. Dan jika beberapa properti intelektual Anda dilanggar oleh orang lain, gunakan halaman Copyright Pinterest untuk melaporkan masalah tersebut.

Referensi

Resource

 

Silahkan yang ingin di-invite ke Pinterest, request di komentar bawah ini ;)

Incoming search terms: